3 Cara Aman Investasi Emas Untuk Hasilkan Cuan

  • 2 min read
  • Jul 24, 2021

Bekerja.id – Apakah dengan mempunyai penghasilan tetap bisa membuat hidup terjamin di masa datang? Belum tentu.

Mengapa begitu? Masalahnya, di saat kita berhenti bekerja, pendapatan kita akan turut berhenti, hal ini dinamakan sebagai active income.

Oleh sebab itu, mulai investasi dari sekarang untuk mempersiapkan masa datang. Investasi itu ada beberapa loh! Salah satunya bisa berbentuk emas.

Kenapa pilih emas? Soalnya, emas sudah digunakan sejak beribu-ribu tahun sebagai alat transaksi dan alat untuk simpan kekayaan. Hal ini dibuktikan, bukan hanya seorang individu tetapi semua negara melakukannya:

  • 78,2 persen cadangan dangan devisa Amerika berbentuk emas
  • 20,8 persen cadangan devisa Rusia berbentuk emas
  • 2,5 persen cadangan devisa Indonesia berbentuk emas atau sama dengan 80,56 ton

Kenapa emas? Hingga saat ini, emas menjadi salah satu pilihan investasi yang dikira paling aman dibanding instrument investasi yang lain.

Investasi emas mempunyai resiko rendah dan bisa menahan peningkatan harga atau inflasi. Disamping itu, emas mempunyai nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu panjang.

Kelebihan yang lain emas mempunyai likuiditas tinggi sehingga bisa dipasarkan dengan cepat. Tujuan dari beli emas sendiri salah satunya:

  1. Jaga harga dari inflasi
  2. Diversifikasi aset
  3. Sebagai tabungan pendidikan
  4. Tabungan di hari tua
  5. Dana darurat

Berminat untuk investasi emas? Di bawah ini 3 cara cerdas untuk investasi emas:

1. Punya tujuan investasi

Dengan melakukan investasi artinya menyimpan uang supaya tidak terbelanjakan ke hal-hal yang bersifat konsumtif. Sebelum anda mulai berinvestasi emas, pastikan untuk mengerti tujuan melakukan investasi, seperti untuk beli rumah baru, biaya sekolah anak, beli mobil, atau lain-lain.

2. Mulai beli emas untuk investasi

sebelum investasi emas, tentukan di mana nih tempat untuk beli emas. Beberapa pilihan sebagai tempat beli emas bisa dilakukan di gerai antam, pegadaian, bank, toko emas atau online shop.

Kemudian, pastikan target emas yang harus dicapai, contohnya berapa jumlah gram emas yang harus dikumpulkan. Jangan lupa , kenali sertifikat yang ada di emas.

Jenis sertifikat ada 2 yaitu certificard yang memiliki arti telah terlindungi dan terjaga keasliannya, dan ada juga sertifikat terpisah (emas retro).

3. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

cara investasi emas yang berikutnya adalah mengawasi perubahan harga emas secara berkala. Sekarang ini, tidak sulit loh untuk mengawasi perkembangan harga emas, karena banyak situs-situs di internet yang memperlihatkan perkembangan harga emas tiap harinya.

Selanjutnya ada juga aplikasi di handphone yang bisa tampilkan perkembangan harga emas. Harga emas yang baik bisa ditentukan berdasarkan:

  • Harga beli yang rendah
  • Nilai jual yang tinggi
  • Selisih nilai jual beli yang rendah

Sahabat Bekerja, jangan lupa untuk rencanakan target waktu dalam simpan emas agar bisa mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian. Untuk memperoleh nilai investasi yang tinggi, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya.

Investasi emas akan lebih bagus bila dilakukan dengan jangka panjang dalam waktu 5-10 tahun kedepan. Tidak hanya itu, ada 2 hal yang harus dipahami untuk mencegah harga jual turun salah satunya sertifikat hilang/rusak dan penurunan kondisi emas itu.