5 Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda

  • 2 min read
  • Jun 01, 2021

Rickwiese.com – Apakah Anda salah satu yang memiliki kebiasaan menunda-nunda? Alih-alih mengerjakan sesuatu secara cepat dan gesit, Anda berfikir bahwa masih ada waktu berikutnya yang bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Alhasil, pekerjaan menjadi menumpuk dan membuat pikiran menjadi lebih kacau.

Apabila hal ini terus dibiarkan maka ini bisa jadi kebiasaan yang tidak baik karena bisa menggangu produktivitas dalam bekerja. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara terbaik seperti dibawah ini.

Tanamkan Niat yang Kuat

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda adalah menanamkan niat yang kuat. Hal ini penting untuk diperhatikan karena bisa dijadikan sebagai dasar terbaik untuk mengubah kebiasaan. Tanpa adanya niat yang kuat, maka akan sulit untuk konsisten mengusahakan perubahan nantinya. Selain itu, tidak ada niat kuat bisa memicu munculnya pikiran yang bisa membelokkan tujuan awal.

Contohnya, Anda sudah mulai untuk tidak menunda-nunda pekerjaan, tetapi di tengah jalan Anda merasa bahwa Anda perlu untuk menunda-nunda, bukanlah hal ini tidak merugikan. Hal ini yang membuat Anda bisa merusak tujuan awal untuk merubah kebiasaan menunda-nunda. Oleh karena itu, Anda harus mampu menanamkan niat yang kuat.

Buatlah Jadwal Tertulis

Selanjutnya adalah membuat jadwal tertulis, seringkali orang menganggap hal yang satu ini kurang penting. Taukah Anda jika Kita membuat jadwal secara tertulis bisa membantu menentukan prioritas pekerjaan dan mengetahui apa saja yang dilakukan seharian penuh.

Dengan adanya jadwal tertulis tersebut, otak akan memproses dan tersugesti untuk mengingat daftar urutan pekerjaan serta deadline. Hal ini tentu sangat membantu dan efektif untuk menjadikan salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda.

Memajukan Deadline

Adanya rentang waktu yang tersedia untuk mengerjakan suatu pekerjaan terkadang membuat dua sisi yang berbeda. Jika rentang waktu dirasa lama, kebiasaan untuk menunda biasanya akan datang. Apalagi bagi Anda yang terbiasa menunda-nunda.

Maka, cara mengatasinya adalah dengan membuat deadline palsu. Artinya deadline palsu adalah memajukan deadline pekerjaan, agar otak tersugesti untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang ada. Apabila Anda memiliki pekerjaan berikutnya yang harus dikerjakan, Anda tidak perlu panik untuk mengerjakan pekerjaan sebelumnya yang belum terselesaikan.

Tidur yang Cukup

Jangan menganggap remeh waktu tidur. Mengapa? karena tidur yang cukup menjadi salah satu faktor yang bisa berpengaruh terhadap konsentrasi. Apabila konsentrasu yang dimiliki tinggi, maka keputusan untuk menunda pekerjaan akan lebih minim. Untuk itu, cobalah mengatur jam tidur sefektif mungkin.

Selain waktu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas yang dimiliki agar ketika bangun tidur, tubuh benar-benar segar dan siap untuk melakukan aktivitas. Sehingga hari-hari yang Anda jalani akan semakin produktif dan terhindar dari kebiasaan menunda-nunda.

Istirahat dari Sosial Media

Cara yang satu ini tidak kalah penting untuk dilakukan adalah mengistirahatkan diri sejenak dari sosial media. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu distraksi terbesar bagi banyak orang saat ini adalah hadirnya sosial media. Di tengah fokus bekerja, notifikasi dari sosial mulai bermunculan.

Hal ini yang membuat hati mulai tergelitik untuk menyentuh handphone dan tidak jarang orang terlena pada waktu. Hasilnya, pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat menjadi tertunda karena sibuk berselancar di sosial media.