Apa itu Intrapreneurship? Pentingkah untuk Bisnis Jangka Panjang

  • Whatsapp

Bekerja.id, – Mungkin menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur saja sudah cukup bagi pelaku bisnis. Namun pernahakah Anda mendengar istilah “intrapreneurship”?

Istilah intrapreneur adalah merujuk pada sebuah sistem yang menerapkan prinsip kewirausahaan untuk implementasi batas-batas suatu bisnis maupun perusahaan.

Nah, jika Anda seorang intrapreneur maka Anda harus bertanggung jawab untuk melakukan inovasi dalam bisnis, tidak hanya mejalankan proses bisnis saja, namun juga berkontribusi dalam ide-ide baru di dalam bisnis, yang membantu meningkatkan kualitas produk maupun penjualan pada perusahaan.

Selain itu, intrapreneur menjadi faktor penting dalam suksesnya bisnis untuk jangka panjang. Berikut alasan pentingnya intrapreneurship dalam bisnis, dikutip dari Bisnis.Com Senin (11/1/2021).

Strategi Tepat untuk Milenial

Nyatanya, intrapreneurship bisa menjadi cara yang efektif untuk mengajak generasi milenial terlibat dalam pekerjaan.

Jika seorang intrapreneur melihat idenya dihargai oleh perusahaan maupun bisnisnya, hal ini  menjadi pemicu semangat untuk selalu melakukan inovasi-inovasi terbarunya, selain itu akan berdampak positif bagi usaha yang sedang dijalani. Hal tersebut juga bisa meningkatkan motivasi dirinya.

Ide Berkelanjutan Agar Kompetitif

Pada prinsipnya, intrapreneurship adalah kumpulan ide-ide yang lebih besar, namun secara konsisten inovasi menjadi proses intrapreneurship yang bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam setahun.

Hal tersebut bisa diimplementasikan dalam kehidupan, sehingga nantinya bisa menuai hasilnya, untuk mebuatnya berhasil perlu pendekatan yang berfokus pada inovasi.

Bisa Evaluasi

Paham dengan apa yang harus dilakukan serta memastikan bisnis Anda mampu bertahan 5 hingga 10 tahun ke depan, Anda juga bisa mengambil pelajaran dari perusahaan yang inovatif serta mengamati apa yang mereka lakukan pada perusahaan tersebut.

Perlu Anda pahami, berada di zona nyaman dan cepat merasa puas bukanlah sesuatu yang membuat bisnis Anda berkembang. Sehingga perlunya inovasi dan evaluasi dari bisnis yang lainnya.

Pos terkait