Business Plan: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Membuat

  • Iwan
  • Aug 01, 2022

Bekerja.id – Sebelum memulai sebuah bisnis, seseorang membutuhkan adanya business plan. Business plan adalah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dan dipahami. Di dalam business plan, terdapat penjelasan mengenai jenis bisnis, strategi bisnis, serta tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis tersebut.

Business plan juga merupakan salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan utama para investor. Apabila ingin mendapatkan dana investasi dari investor, maka business plan yang disusun tidak boleh sembarangan apalagi asal-asalan.

Apa itu Business Plan?

Business plan atau rancangan bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang dibuat untuk memproyeksikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang dijalankan. Dalam sebuah business plan biasanya berisi tentang strategi pemasaran dan penjualan yang digunakan, income dan outcome bisnis, konddisi keuangan, dan informasi-informasi penting lainnya.

Dalam proses pembuatan business plan, seorang pelaku bisnis tentu harus melakukan perencanaan pemikiran dan keputusan dengan tepat. Business plan disusun sebagai salah satu acuan bagi pebisnis untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang. Selain itu, business plan juga digunakan untuk menggambarkan kelayakan dan kemampuan bisnis dlaam menghadapi tantangan di masa depan.

Jenis-jenis Business Plan

Terdapat beberapa jenis business plan sesuai dengan objektifitas dan tujuan dari rancangan tersebut. Diantara jenis-jenis dari business plan tersebut adalah:

1. Operations Business Plan

Operations business plan atau rencana bisnis operasi adalah rencana bisnis yang dirancang khusus hanya untuk internal perusahaan. Didalam business plan ini biasanya mencakup rencana, kebijakan operasional perusahaan, serta uraian tanggung jawab setiap orang dalam perusahaan.

Business plan jenis ini juga dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan dan tenggat waktu kegiatan operasional bisnis perusahaan di masa yang akan datang.

2. Growth Business Plan

Growth business plan adalah rencana bisnis yang menjelaskan tentangan gambaran rencana pertumbuhan bisnis perusahaan kedepannya. Rencana bisnis ini digunakan untuk kepentingan internal maupun eksternal, seperti untuk menerima modal lebih dari para investor.

Apabila akan digunakan untuk kebutuhan eksternal, maka rencana bisnis ini harus dijelaskan secara lebih rinci lagi, meliputi deskripsi rinci mengenai perusahaan, struktur organisasi, serta kondisi keuangan perusahaan.

3. Development Business Plan

Development business plan adalah rencana yang disusun secara rinci mengenai bisnis yang akan dibuat. Pada rencana bisnis operasi ini umumnya berisi mengenai administrasi bisnis, organisasi perusahaan, dan tanggung jawab setiap karyawan.

4. Startup Business Plan

Startup business plan adalah rencana bisnis yang menjelaskan mengenai perusahaan khususnya startup yang akan didirikan. Rencana bisnis ini meliputi penawaran barang atau jasa kepada calon konsumen, evaluasi pasar, struktur marketing, manajemen risiko, serta struktur manajemen lainnya yang nantinya akan diimplementasikan.

5. Strategic Business Plan

Strategic business plan adalah jenis business plan yang paling rumit dibandingkan dengan rencana bisnis lainnya. Dalam business plan ini berisi mengenai penjelasan berbagai strategi secara lebih rinci untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pada business plan jenis ini umumnya berisi beberapa komponen yang dianggap penting yang harus dimasukkan pada rencana bisnis ini seperti visi dan misi perusahaan, faktor kritis, strategi untuk mencapai tujuannya, dan jadwal pelaksanaan strategi tersebut.

Manfaat Business Plan

Bagi seorang pelaku bisnis, business plan merupakan hal yang sangat penting dan memberikan banyak manfaat. Di antara manfaat dan alasan pentingnya business plan untuk membangun suatu bisnis yaitu:

1. Membantu dalam Mengambil Keputusan

Dalam memulai sebuah bisnis, tentu akan banyak tantangan yang mungkin terjadi dan harus dihadapi. Misalnya, tantangan dalam mengembangkan produk baru, merekrut tenaga kerja, masalah finansial, dan lainnya.

Hal tersebut diperlukan pengambilan keputusan tepat, maka dari itu salah satu manfaat dari business plan adalah dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan.

2. Mengatur Sistem Keuangan Perusahaan

Business plan juga dapat digunakan untuk membantu dalam merencanakan sistem keuangan perusahaan yang baik. Tujuannya, agar kedepannya Anda terhindar dari kesalahan dalam penyusunan keuangan dan kerugian.

3. Membantu Mendapatkan Investasi lebih Banyak

Manfaat paling penting dari business plan adalah dapat membantu Anda untuk mendapatkan investor lebih banyak. Hal itu sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda, apalagi bisnis yang baru dirintis memerlukan dukungan dari para investor agar bisnis yang Anda dirikan semakin sukses.