Cara Efektif Meningkatkan Follower Instagram

  • Iwan
  • Mar 23, 2022

Bekerja.id – Selain facebook, Instagram juga termasuk salah satu platform media sosial yang paling banyak digemari dan memiliki pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, pengguna Instagram selalu mengalami peningkatan yang cukup drastis setiap tahunnya.

Instagram adalah platform media sosial yang dikhususkan untuk berbagi konten visual seperti gambar dan video, baik melalui feed, story maupun reels penggunanya. Dengan menggunakan Instagram, para pengguna dapat menunjukkan berbagai hal kepada khalayak ramai, mulai dari hal-hal yang penting dan berguna hingga hal-hal yang bersifat receh.

Fitur-fitur yang disediakan oleh platform ini juga tidak hanya dapat difungsikan untuk berbagi konten visual saja. Namun, fitur-fitur tersebut juga mendukung para pengguna untuk memenuhi segala kebutuhan seperti bisnis, hiburan, seni, dan hal-hal sejenis yang telah ditingkatkan oleh Instagram.

Keberadaan Instagram di era transformasi digital seperti sekarang ini telah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Banyak orang yang telah menggunakan Instagram kemudian berlomba-lomba untuk meningkatkan follower atau pengikut dengan tujuan konten yang mereka bagikan bisa mendapatkan banyak interaksi. Sehingga, akun Instagram tersebut dapat mendukung terwujudnya tujuan-tujuan tertentu yang diharapkan oleh penggunanya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk meningkatkan follower Instagram. Mulai dari cara-cara organik yang efektif dan efisien, hingga cara-cara “kotor” yang dilakukan untuk mendapatkan banyak follower Instagram secara instan.

Lalu, bagaimanakah cara efektif meningkatkan follower Instagram secara organik? Berikut kami sampaikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan jumlah follower Instagram!

Cara Efektif Meningkatkan Follower Instagram Secara Organik

Berikut ini beberapa cara efektif meningkatkan follower Instagram secara organik yang dapat kamu lakukan mulai dari sekarang:

1. Promosikan Akun Instagram ke Teman dan Keluarga Terdekat

Langkah awal untuk meningkatkan follower atau pengikut Instagram kalian secara organik adalah dengan mempromosikan akun Instagram kalian ke teman dan keluarga terdekat. Ingatkan kepada mereka agar mengikuti akun intagram kalian, dan melakukan interaksi seperti love and comment pada konten visual yang kalian bagikan.

Dengan mempromosikan akun Instagram kalian kepada teman-teman dan keluarga terdekat, tentunya memberikan kesempatan bagi kalian untuk membagikan momen atau konten terbaikmu yang dilakukan bersama dengan mereka. Sehingga akun Instagram kamu akan dipenuhi dengan konten yang memiliki banyak follower, interaksi, dan engagement.

2. Lengkapi Bio di Akun Instagram Kalian

Setelah mempromosikan akun Instagram kalian kepada teman-teman dan keluarga terdekat, hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah melengkapi bio (biodata) di akun Instagram kalian. Cantumkan profesi, aktivitas, hobi, serta minat kalian di kolom bio. Sehingga akun Instagram kalian akan lebih dikenal oleh pengguna lain. Terlebih para pengguna yang memiliki profesi, aktivitas, hobi dan minat yang sama.

Bio yang terdapat di akun Instagram ini sangatlah penting, karena melalui bio ini pengguna lain dapat mengetahui konten apa saja yang nantinya akan kalian bagikan dan yang akan didaptakan oleh pengguna lain apabila mengikuti akun Instagram kalian. Jadi, segera lengkapi bio di akun Instagram kalian!

3. Konsisten dalam Membagikan Konten yang Berkualitas

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa Instagram adalah platform media sosial yang digunakan untuk membagikan konten-konten visual yang kalian miliki. Maka salah satu cara efektif meningkatkan follower Instagram yang dapat kalian lakukan adalah dengan konsisten membagikan konten-konten yang berkualitas.

Dengan konsistensi membagikan konten yang berkualitas, baik dalam bentuk gambar maupun video, melalui feed, story dan reels membantu sistem Instagram untuk mendeteksi bahwa akun Instagram kalian aktif. Sehingga secara otomatis, Instagram akan merekomendasikan akun kalian kepada pengguna yang memiliki kesamaan dengan kalian.

Hal ini tentu membuka peluang besar bagi kalian untuk mendapatkan penambahan jumlah follower Instagram kalian.

4. Gunakan Caption yang Menarik

Membagikan konten-konten yang berkualitas, tanpa disertai dengan caption yang menarik tentu menjadikan konten yang kalian bagikan menjadi kurang harmonis. Oleh karenanya, gunakan caption yang menarik untuk mendukung konten-konten berkualitas yang telah kalian buat dan bagikan.

Jadi, selain pengikut dapat menikmati konten kalian, dengan caption yang kalian tulis juga dapat membantu follower kalian untuk mengetahui maksud dari konten yang kalian bagikan.

5. Gunakan Tagar atau Hashtag

Dengan konten yang berkualitas dan caption yang menarik, sempurnakan konten kalian dengan imbuhan tagar atau hashtag di caption yang kalian tulis. Sesuaikan tagar yang kalian gunakan dengan konten dan momen yang kalian bagikan di akun Instagram kalian.

Meskipun hashtag atau tagar ini kadang dianggap sepele oleh kebanyakan pengguna Instagram, nyatanya penggunaan hashtag di dalam konten yang kalian bagikan dapat mempengaruhi peningkatan like dan follower Instagram kalian.

Jadi, gunakanlah hashtag yang relevan di setiap konten Instagram yang kalian bagikan.

6. Lakukan Interaksi dengan Sesama Pengguna di Instagram

Cara efektif meningkatkan follower Instagram secara organik selanjutnya, yang dapat kalian kerjakan adalah meningkatkan interaksi dengan para follower kalian dan pengguna Instagram ang lain. Interaksi yang dapat kalian lakukan dengan sesama pengguna Instagram antara lain dengan memberikan love atau like, dan memberikan komentar pada konten yang dibagikan oleh follower kalian.

Itulah enam cara efektif meningkatkan follower Instagram yang dapat kalian coba praktikan. Semoga cara di atas dapat membantu kalian dalam menambah jumlah follower akun Instagram kalian.