Cara Membuat Desain Dengan Canva

  • Iwan
  • Jul 26, 2022

Bekerja.id – Kebutuhan konten visual menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menunjang kegiatan bisnis di era digital seperti sekrang. Konten visual dibutuhkan untuk membangun awareness atau interaksi masyarakat terhadap suatu bisnis yang dijalankan, baik melalui sosial media, blog, company profile website, maupun melalui tatap muka secara offline.

Untuk menciptakan karya atau konten visual bagi suatu bisnis tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. Dibutuhkan adanya peran orang-orang khusus yang mempunyai keahlian di bidang desain grafis.

Desain grafis merupakan karya seni komunikasi visual yang merupakan hasil kombinasi kompleks dari kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi, yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut. Sehingga, proses tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, mempunyai manfaat dan kegunaan, bersifat mengejutkan atau subversive, dan informasi atau pesan yang disampaikan mudah diingat.

Untuk menghasilkan karya desain grafis yang mengesankan, dibutuhkan adanya software khusus yang digunakan sebagai alat pemrogramnya. Ada banyak ragam software yang dapat digunakan untuk menghasilkan karya desain, adapun salah satu software grafis yang familiar, mudah digunakan, serta mudah dipelajari adalah canva.

Apa itu Canva?

Canva adalah software atau aplikasi atau tools desain grafis untuk menciptakan konten visual berbasis online yang mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. Aplikasi canva ini juga menyediakan dua versi aplikasi, yaitu versi mobile maupun versi desktop (PC maupun laptop). Penggunaan canva untuk menghasilkan konten visual dapat dilakukan dimanapun dan kapapun selama perangkat yang digunakan terhubung dengan akses internet.

Berikut kami sajikan tutorial lengkap belajar desain grafis dengan canva. Simak uraian berikut!

Tutorial Cara Membuat Desain Grafis dengan Canva

Belajar desain grafis dengan canva sebetulnya sangat mudah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Oleh karena itu, pada kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial untuk kalian yang ingin belajar desain grafis dengan canva.

Berikut tutorial lengkapnya:

1. Membuat Akun Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai belajar desain grafis dengan canva adalah dengan membuat akun canva terlebih dahulu. Berikut cara membuat akunnya:

  • Masuk ke situs utama canva di www[dot]canva[dot]com.
  • Klik tombol “Sign Up” di sebelah pojok kanan atas.
  • Daftar akun dengan menggunakan akun Google, Facebook, atau alamat email.
  • Klik daftar.
  • Lakukan verifikasi.

Setelah membuat akun, aplikasi canva sudah bisa Anda gunakan.

2. Memulai Membuat Desain dengan Template

Setelah akun canva berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman utama canva untuk membuat desain. Klik tombol “Create a Design” atau “Buat Desain” d sebelah kiri atas layar yang terdapat kotak hijau.

Lalu pilih jenis desain yang ingin Anda buat seperti poster, blog banner, logo, brochure, animasi sosial media, presentasi, dan jenis desain lainnya.

3. Memilih Template Canva

Pilih salah satu jenis desain yang ingin Anda buat, kemudian pilih template yang telah disediakan oleh canva untuk memudahkan dan mempercepat proses desain Anda. Setelah itu, lakukan customisasi pada template yang telah Anda pilih, seperti mengubah jenis teks, ukuran teks, warna teks, background, dan fitur-fitur lainnya.

4. Membuat Desain Tanpa Template Bawaan Canva

Bagi kalian yang ingin belajar membuat desain dengan hasil kreatifitas sendiri, kalian dapat membuatnya tanpa menggunakan template bawaan dari canva. Berikut tutorial membuat desain tanpa menggunakan template bawaan dari canva:

Pilih Background – Pilih photo atau background gradient warna untuk latar belakang desain yang akan Anda buat.

Edit Background – Atur kesesuaian photo atau gambar yang telah dipilih agar sesuai dengan latar layout desain Anda.

Tambahkan Teks – Setelah mengatur kesesuaian background, langkah selanjutnya adalah menambahkan teks pada desain yang Anda buat. Masukkan teks sesuai dengan kebutuhan yang akan disampaikan.

Sesuaikan Tampilan Teks – Sesuaikan teks agar desain yang dibuat semakin indah, harmoni, dan menarik perhatian. Pilih jenis font yang sederhana, warna yang kontras, dan ukuran yang nyaman dilihat agar informasi yang disampaikan mudah dipahami.

5. Unduh Hasil Desain yang Telah Dibuat

Setelah proses desain selesai, unduh dan bagikan hasil karya yang telah Anda buat. Bagikan karya Anda melalui platform media sosial, website, dan platform lainnya.

Demikianlah tutorial lengkap cara membuat desain grafis dengan canva. Bagaimana menurut Anda? Sangat mudah bukan? Dengan menggunakan canva, Anda sudah dapat membuat berbagai jenis desain sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Related Post :