Cari Tahu, Kapan Hari Best Friend Day 2021? Catat Tanggalnya!

  • 3 min read
  • Jul 10, 2021

Rickwiese,com – Kapan Hari Best Friend Day 2021 – Hari Persahabatan Sedunia atau World Friendship Day diperingati tiap tanggal 30 Juli. Intinya, hari tersebut diperingati sebagai solidaritas antara umat manusia yang sudah seharusnya menjalin hubungan baik.

Pada tahun-tahun sebelumnya Hari Persahabatan dilaksanakan dengan beragam cara, dimulai dari menghabiskan waktu bersama teman, lakukan bantuan kemanusiaan, sampai membuat surat tertulis ke teman yang jauh.

Begitu juga di sosial media, beberapa warganet dari seluruh dunia membuat trending topik di Twitter dengan #FriendshipDay. Selain itu, kampanye ikut disuarakan oleh United Nations Children’s Fund (UNICEF).

Bahkan juga UNICEF bekerjasama dengan Boy Grup asal Korea Selatan BTS untuk mengkampanyekan #EndViolence. Hastag itu sempat viral topic di Twitter pada 2019 lalu.

Ketika pandemi Covid-19 ini sudah semestinya masyarakat dunia memperingatinya mengingat benar-benar susahnya untuk berjumpa teman dekat. Hal tersebut disebabkan karena pembatasan-pembatasan yang terjadi untuk menghindari penyebaran virus.

Lalu, bagaimana memperingati Hari Persahabatan Sedunia disaat pandemi ini? Mungkin untuk kamu yang bingung ingin ucapkan apa, bisa baca artikelnya sampai tuntas.

Sejarah Singkat Hari Persahabatan Sedunia

Awal mulanya tidak ada yang namanya Hari Persahabatan di Negara mana saja. Tahun 1930, seorang pengusaha kartu asal Amerika Serikat bernama Joyce Hall mengharapkan sebuah hari libur yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat.

Saat itu, Joyce mempunyai gagasan supaya merayakannya dengan memberinya kartu ucapan. Perusahaan yang bernama Hallmark Cards itu membuat program pesanan lewat kartu pos bergambar.

Tidak diduga apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan itu rupanya disukai oleh masyarakat Amerika dan jadi kebiasaan rutin pada hari tertentu. Ini membuat masyarakat menginginkan kartu ucapan ke teman dekat, rekan, dan kerabatnya.

Pada akhirnya kegiatan itu menjadi cikal bakal Hari Persahabatan Sedunia yang diperingati tanggal 30 Juli. Tanggal itu diputuskan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 April 2011. Awalnya peringatan hari pertemanan itu telah diajukan oleh UNESCO pada 1997.

Alasan utamanya adalah Culture of Peace yang diartikan sebagai seperangkatan nilai-nilai, sikap dan perilaku menolak kekerasan dan mencegah perselisihan antarsesama. Tidak hanya itu bila terjalin persahabatan antar masyarakat maka terbentuk Negara yang aman.

Cara Memperingati Hari Persahabatan Disaat Pandemi

Mewabahnya virus Covid-19 membuat jarak yang renggang di antara kita semua. Tetapi, hal tersebut tidak berarti memutuskan hubungan dengan teman-teman, atau sahabat kita. Mungkin 4 hal ini dapat kamu lakukan sebagai cara memperingati Hari Persahabatan disaat pandemi:

1. Menulis Ucapan ke Teman

Kirim sebuah tulisan berbentuk surat memang terkesan kuno, tapi justru akan membuat kesan tersendiri. Ingat sekarang ini zaman digital dan benar-benar jaranga orang mengirimkan surat ke rekan atau kerabatnya.

2. Melakukan Kegiatan Bersama Secara Online

Walau jauh dan terbatas, teknologi sekarang ini memungkinkan kita bisa berjumpa langsung meskipun secara virtual. Kamu dapat melakukan video call bersama teman-teman kamu dengan memanfaatkan aplikasi yang menyediakan fitur itu.

3. Membuat Kreasi di Media Sosial

Era digital yang serba mudah ini, membuat apa saja yang kita buat benar-benar mudah diakses oleh seseorang. Memberikan teman sebuah karya seperti ucapan digital atau poster adalah hal baik yang bisa kamu lakukan.

4. Kirim Hadiah Kejutan

Bayangkan bila teman kamu tiba-tiba mendapatkan kiriman dari dirimu yang tidak mengabarkan sebelumnya. Mungkin ia akan membalasnya dengan memberimu sesuatu yang kamu sukai.

Suatu hal kecil sekalipun bila itu ditujukan ke teman dengan tulus maka dia akan merasa suka karena kepedulianmu itu.

Lalu, Kapan Hari Best Friend Day 2021?

Kapan Hari Best Friend Day 2021?

Bila seluruh dunia, termasuk Indonesia memperingati Hari Persahabatan pada 30 Juli, maka berlainan dengan Beberapa negara ini yang justru memperingatinya pada tanggal yang berbeda.

Berikut adalah Kapan Hari Best Friend Day 2021 di beberapa negara yang perlu kalian ketahui.

1. Oberlin Friendship Day (8 April)

Peringatan ini dilaksanakan di Oberlin, Ohio, Amerika Serikat. Hari itu didasari dengan persahabatan sang pendiri Kota yaitu John Jay Shipherd dengan menteri Philo Stewart pada 1832.

Mereka sukses membuat masyarakat Kota Oberlin menjadi religious dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan. Oleh karena itu, masyarakat di situ memperingati Oberlin Friendship Day.

2. Hari Pertemanan Argentina (20 Juli)

Di Argentina, hari pertemanan dirayangan dengan tukar ucapan pertemanan ke semua orang. Dengan cara apa saja mereka lakukan hal tersebut, bahkan penyedia layanan jaringan SMS pernah merasakan overload karena sangat banyaknya ucapan.

3. National Best Friend Day Amerika Serikat (8 Juni)

Semua masyarakat Amerika Serikat biasa rayakan hari persahabatan pada 8 Juni. Umumnya di tanggal itu sosial media Twitter akan di ramaikan dengan #NationalBestFriendDay.

4. Hari Pertemanan di India (6 Agustus)

Society for the Confluence of festival of India (SCFI), organisasi pelestari kebudayaan dan festival India mempercayai bila minggu pertama pada bulan Agustus adalah minggu pertemanan. Harapannya adalah orang-orang menghidupkan kembali semangat kekerabatan dan bersilahturahmi pada minggu tersebut.

5. Hari Persahabatan Nasional Indonesia (28 Mei)

Hari Persahabatan Nasional diusulkan pada 28 Mei oleh kalangan alumni SLTA Indonesia angkatan 1986, atau yang disebut anak-anak “Silverian86.” Ini dilakukan supaya masyarakat Indonesia dapat menghargai persahabatan dan pertemanan.

Akhir Kata

Nah, seperti itulah artikel Rickwiese tentang Kapan Hari Best Friend Day 2021. Mudah-mudahan berguna dan membantu kamu memenuhi informasi terkait Hari Pertemanan Sedunia.