Influencer Marketing Untuk Bisnis

  • Iwan
  • Mar 28, 2022

Bekerja.id – Mendengar istilah influencer marketing di era transformasi digital seperti sekarang ini bukanlah hal yang asing lagi bagi telinga kita. Influencer marketing merupakang sebuah strategi marketing terbaru, yang saat ini mulai banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Penggunaan strategi influencer marketing oleh pelaku bisnis bertujuan untuk menaikkan tingkat pemasaran produk maupun jasanya. Selain itu, strategi marketing ini juga telah membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan serta mengenalkan produk dan jasa yang dimilikinya.

Lalu apa itu influencer marketing? Dan apa saja manfaat yang diberikan oleh influencer marketing untuk bisnis? Simak tulisan berikut ini agar Anda dapat mengetahui apa itu influencer marketing dan manfaat dari influencer marketing untuk bisnis.

Pengertian Influencer Marketing

Sebelum membahas tentang pengertian dari influencer marketing, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah arti dari influencer itu sendiri. Apa itu influencer? Influencer adalah istilah yang disematkan kepada seseorang yang memiliki followers atau pengikut dengan jumlah besar, dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikutnya.

Influencer ini dapat berupa selebgram di Instagram, public figure, youtuber, atau yang sejenisnya.

Sedangkan influencer marketing adalah strategi marketing atau strategi pemasaran yang menggunakan jasa influencer di media sosial seperti Instagram, youtube, facebook, twitter, dan semisalnya untuk memasarkan produk bisnis. Strategi influencer marketing ini dianggap oleh pelaku bisnis sebagai strategi yang efekti dan mempunyai pengaruh besar dalam meningkatkan konversi penjualan produk bisnis.

Berdasarkan sebuah survey MuseFind yang dilansir dari situs Forbes, mengatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan atau endorsement selebriti tradisional. Media sosial sebagai sarana promosi bagi influencer marketing telah menjadi sebuah platform dimana hampir seluruh penggunanya aktif dan berlama-lama dalam bersosial media.

Maka, tidak mengherankan apabila strategi influencer marketing untuk bisnis semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Sebab, media sosial dan influencer ternyata memiliki kekuatan yang besar dalam meningkatkan bisnis.

Keuntungan Menggunakan Jasa Influencer Marketing untuk Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dari influencer marketing, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah manfaat yang diberikan oleh strategi marketing ini kepada bisnis Anda. Berikut ini kami sampaikan beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan jasa influencer marketing untuk bisnis Anda:

1. Memperluas Jangkauan Pemasaran

Salah satu kuntungan menggunakan jasa influencer marketing bagi bisnis yang sedang dijalankan oleh seseorang adalah dapat memperluas jangkauan pemasaran.

Luasnya jangkauan pemasaran tersebut terjadi karena seorang influencer memiliki pengikut dengan jumlah yang banyak. Selain itu pengikutnya juga sangat aktif dalam melakukan interaksi seperti memberi like, komen, maupun share pada konten yang diunggah oleh akun media sosial influencer.

Aktivitas inilah yang kemudian membuat informasi apapun terkait produk Anda, dapat dilihat, dibaca, dan diketahui oleh pengikut influencer. Sehingga memberikan dampak positif bagi produk bisnis yang sedang Anda pasarkan.

2. Menghasilkan Word of Mouth

Word of mouth atau penyebaran informasi dari mulut ke mulut adalah Ketika seorang influencer memberikan informasi atau rekomendasi tentang produk, layanan, atau merek bisnis melalui akun pribadinya.

Strategi pemasaran seperti ini sangat efektif dan memberikan dampak yang luar biasa. Apalagi jika informasi dan rekomendasi yang diberikan bersumber dari influencer yang telah menggunakan jasa atau produk Anda secara langsung.

Fakta ini tidak bisa dipungkiri, nyatanya promosi dari mulut ke mulut di era transformasi digital seperti sekarang masih ampuh untuk digunakan dalam meningkatkan bisnis Anda.

3. Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Keuntungan lain dari penggunaan jasa influencer dalam proses pemasaran produk bisnis Anda adalah untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Seorang influencer yang memberikan rekomendasi terhadap produk bisnis Anda dapat menarik perhatian pengikutnya, karena memberikan kesan lebih nyata dan sudah terbukti manfaat atau kegunaannya.

Dalam kondisi seperti itu, kedekatan konsumen dengan produk bisnis Anda dapat dibangun lebih kuat melalui perantara influencer.

4. Budget Pembiayaan Lebih Terjangkau

Di samping dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan konversi penjualan, keuntungan menggunakan jasa influencer marketing untuk bisnis yang berikutnya adalah dapat memangkas anggaran biaya promosi.

Biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan strategi influencer marketing ini cenderung lebih murah dan lebih terjangkau. Dengan biaya yang terjangkau ini, tentu akan mengurangi cost perusahaan, dan dapat dialihkan untuk pembiayaan pada bagian-bagian yang lain.

5. Mendapatkan Konten yang Lebih Fresh

Dengan bekerjasama menggunakan jasa influencer marketing, tentu berdampak pada segarnya konten media pemasaran yang didapatkan oleh pelaku bisnis. Sebab, setiap influencer memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri dalam membuat konten untuk promosi bisnis.

Hal tersebut tentu akan membantu menarik perhatian konsumen, dan meningkatkan keinginan audience untuk mecoba produk yang Anda pasarkan.

Itulah serangkaian tulisan mengenai pengertian influencer marketing, dan manfaat influencer marketing untuk meningkatkan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Related Post :