Kartu Kredit VS Pay Later, Mana yang Lebih Baik?

  • 3 min read
  • May 01, 2021

Rickwiese.com – Saat ini sudah banyak layanan finansial yang memudahkan Anda untuk bertransaksi. Tidak hanya dalam bentuk tunai, melainkan seperti kartu kredit dan Pay Later jadi solusi pembayaran alternatif yang bisa Anda pilih.

Belakangan ini, tidak hanya promo untuk pemakaian kartu kredit, sejumlah platform lain banyak menawarkan promo melalui pembayaran pay later. Mulai dari marketplace seperti Shopee, sampai platform Traveloka dan Gojek punya sistem pay later untuk para penggunanya.

Kartu kredit atau Pay Later sebenarnya memiliki fungsi yang sama yaitu membayar tagihan di kemudian hari. Tetapi, Apakah Anda tahu antara pay later dan kartu kredit mana yang lebih efisien.

Mengenal Kartu Kredit dan Pay Later

Kartu kredit bukanlah alat pembayaran yang baru buat Anda, Bahkan bagi Anda yang suka belanja, kartu kredit bisa jadi pilihan yang tepat untuk menyelsaikan transaksi pembayaran.

Pada dasarnya, kartu kredit adalah sarana pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank. Dilansir dari CIMB Niaga, kartu kredit memiliki manfaat yang bisa membantu Anda untuk melakukan transaksi di awal dan dibayarkan oleh bank.

Kart kredit adalah alat pembayaran yang sah. Bahkan penggunaan kartu kredit sudah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No. 10.8/PBI/2008 tentang Penyelengaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Berdasarkan peraturan tersebut, pihak bank sudah mendapatkan ijin untuk menerbitkan dan memberikan layanan kepada nasabah melalui kartu kredit yang disertai dengan perjanjian antara kedua belah pihak. Contohnya, limit kartu kredit, usia, hak untuk menerima billing statement, dan perjanjian lainnya.

Nah, kartu kredit memiliki dua jenis, antara lain:

Kartu Kredit Nasional

Kartu ini digunakan secara terbatas. Jadi, kartu kredit nasional biasanya digunakan di kawasan maupun wilayah tertentu saja.

Kartu kredit nasional hanya diterbitkan oleh perusahaan tertentu yang sudah bekerjasama dengan pihak bank tertentu, sehingga bisa memberikan kemudahan bagi nasabah maupun pelanggan. Contohnya Garuda Executive Card, kartu kredit Hero Card, dan jenis kartu kredit lainnya.

Kartu Kredit Internasional

Kartu kredit jenis ini berbeda dengan kartu kredit nasional, kartu kredit internasional bisa Anda gunakan untuk semua jenis transaksi keuangan di luar negeri maupun di dalam negeri. Soalnya kartu kredit jenis ini sudah berlaku dan diakui hampir seluruh negara di dunia.

Jadi, Anda tidak perlu repot ketika sedang berpergian diluar negeri dan ingin belanja menggunakan kartu kredit internasional. Saat ini, pemilik jaringan kartu kredit terbesar di dunia adalah Master Card dan Visa.

Selain itu, masih banyak lagi layanan yang sejenis kartu kredit yang dinilai lebih modern yaitu Pay Later. Pay Later ini memudahkan Anda untuk melakukan pembelian suatu barang atau jasa sekarang juga dan melakukan pembayaran di kemudian hari.

Memakai Pay Later Anda akan dimudahkan dengan layanan pinjaman dana oleh suatu pihak dengan limit tertentu yang bisa membantu Anda melakukan transaksi keuangan.

Perbedaannya Pay Later tidak berbentuk fisik seperti kartu kredit. Pay Later hanya berbentuk digital dan melalui pendaftaran yang relatif singkat dan efisien jika dibandingkan dengan pendaftaran kartu kredit, selain itu Anda juga tidak perlu repot pergi ke bank untuk melakukan registrasi.

Karena tidak berbentuk fisik, Pay Later banyak digunakan untuk melakukan transaksi digital. Seperti belanja online di e-commerce maupun marketplace, hingga melakukan pemesanan tiket pesawat, makanan, hingga ojek secara online.

Untung-Rugi Memakai Kartu Kredit VS Pay Later

Kartu Kredit dan Pay Later memberikan keuntungan dan kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi jika Anda tipe orang yang cashless, atau tidak suka melakukan transaski secara tunai.

Nah, Kelebihan kartu kredit yaitu bisa membuat Anda lebih hemat. Sebab sejumlah tempat akan memberikan potongan harga atau promo bagi Anda yang melakukan transaski menggunakan kartu kredit.

Selain itu, kartu kredit juga punya kemudahan untuk bertransaksi secara online. Seperti membayat langganan streaming Netflix, dan lainnya.

Bahkan, kartu kredit juga sering memberikan cicilan bunga 0 persen, serta bisa untuk tarik tunai. Jika Anda bijak menggunakan kredit, maka Anda juga bisa membangun reputasi kredit juga.

Meski memiliki banyak keuntungan menggunakan kartu kredit, pastinya kartu kredit bisa membuat Anda rugi, seperti:

  • Syarat Pengajuan kartu kredit yang rumit
  • Biaya bunga mahal, bahkan terdapat denda jika terlambat melakukan pembayaran, dan iuran tahunan
  • Bisa bikin Anda jadi konsumtif

Lalu, bagaimana dengan penggunaan Pay Later?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Pay Later digunakan untuk melakukan transaksi dalam bentuk digital, sehingga prosesnya pun dinilai lebih cepat dan praktis.

Sama halnya dengan kartu kredit, Pay Later juga memiliki banyak promo yang menarik. Tak hanya itu saja, tenor Pay Later bisa samapi satu tahun.

Meski Pay Later memiliki banyak keuntungan, ternyata Pay Later punya kerugian tersendiri yang bisa menimpa Anda. Dikutip dari laman Cermati, kerugian Pay Later antara lain:

  • Bisa berpotensi boros dan banyak kewajiban (utang)
  • Keuangan menjadikan berantakan sehingga membuat reputasi kredit menurun
  • Terdapat ancaman keamanan identitas, karena proses pendaftaran bisa dilakukan secara online
  • Bunga dan denda yang membebani

Makanya penting banget untuk menggunakan kartu kredit dan Pay Later dengan bijak sesuai dengan kebutuhan Anda, jika perlu Anda juga harus mengukur kemampuan finansial.

Disarankan jangan menggunakan kartu kredit dan pay later terlalu sering yang bersifat konsumtif atau menuruti keinginan semata.

Contohnya pemakaian kartu kredit, dikutip dari laman CIMB Niaga, Anda bisa membatasi jumlah limit yang berfungsi untuk meminimalisir melakukan tarik tunai. Selain itu, gunakan kartu kredit dan pay later jika benar-benar dibutuhkan.

Anda juga harus mengingat kapan waktu untuk membayar tagihan dan jumlah bunganya. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari denda atau bunga yang semakin besar jika adanya tagihan kartu kredit atau pay later.