Listrik Gratis Diperpanjang 3 Bulan, Ini Cara Dapat Token Listrik Gratis

  • Whatsapp

Bekerja.id, – Pemerintah memutuskan untuk melakukan perpanjangan bantuan biaya listrik bagi pelanggan PLN kategori rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta pelaku bisnis dan industri yang memiliki daya listrik 450 VA, perpanjangan biaya listrik ini berlaku sampai Maret 2021.

Tujuan dari perpanjangan program subsidi untuk tagihan listrik adalah membantu masyarakat yang tidak mampu maupun yang rentan dalam menghadapi pademi Covid-19, sehingga dengan adanya program ini dapat membantu meringankan beban masayarakat.

PLN telah menindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam penyaluran stimulus tersebut. Seluruh pelanggan PLN berhak mendapatkan bebas biaya tagihan atau diskon yang sudah dilakukan sebelumnya oleh PLN selama pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya. Pelanggan PLN dapat menikmati token listrik gratis pada 7 Januari 2021.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bobo Saril mengatakan ” Secara sistem pihak PLN sudah siap untuk menyalurkan kembali, sebab hal ini bersifat perpanjangan. Pihak PLN optimis bahwa penyaluran token listrik ini dapat berjalan dengan baik” melalui keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Bagi pelanggan rumah tangga yang memiliki daya 450 VA akan mendapatkan diskon 100 persen melalui program ini, sedangkan untuk pelanggan dengan kategori daya 900 VA bersubsidi akan mendapatkan diskon 50 persen bagi pelanggan yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Hal serupa juga dialami oleh pelaku bisnis maupun industri dengan daya 450 VA akan mendapatkan diskon 100 persen untuk tagihan listrik.

Untuk pelanggan prabayar atau penggunaan sistem token, bantuan yang diberikan akan sama dengan tahun sebelumnya pada tahun 2020, sedangkan untuk pelanggan pascabayar, program bantuan ini akan otomatis masuk dalam tagihan listrik pelanggan.

Ada beberapa cara memperoleh token listrik stimulus Covid-19 antara lain melalui website resmi PLN, Whatsapp, dan aplikasi Online (Aplikasi PLN Mobile).

Berikut beberapa cara mendapatkan token listrik gratis melalui metode yang tersedia.

Website PLN

  1. Buka website resmi PLN di www.pln.co.id, selanjutnya pilih menu stimulus Covid-19) token gratis/diskon)
  2. Masukkan nomor meter/ ID pelanggan.
  3. Selanjutnya token gratis akan muncul pada layar.
  4. Pelanggan bisa memasukkan nomor token gratis tersebut ke meteran sesuai dengan ID pelanggan/nomor token tersebut.

Aplikasi PLN Mobile

  1. Buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Tekan “PLN Peduli Covid-19” bagian info & promo.
  3. Masukkan nomor meter/ ID pelanggan.
  4. Setelah itu akan muncul token gratis.
  5. Pelanggan bisa memasukkan nomor token gratis tersebut ke meteran sesuai dengan ID pelanggan/nomor token tersebut.

WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Selanjutnya kirim pesan melalui Chat WhatsApp ke 08122-123-123.
  3. Kemudian masukkan nomor meter/ ID Pelanggan
  4. Setelah itu akan muncul token gratis.
  5. Pelanggan bisa memasukkan nomor token gratis tersebut ke meteran sesuai dengan ID pelanggan/nomor token tersebut.

Bagi pelanggan yang berada di lokasi daerah terpencil, PLN juga bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat kecamatan/desa untuk memastikan masyarakat mendapatkan bantuan listrik selama pandemi Covid-19.

Selain itu jumlah penerima stimulus Covid-19 mencapai 24,16 juta pelanggan untuk kategori rumah tangga 450 VA, sedangkan untuk pelanggan 900 VA bersubsidi mencapai 7,87 juta pelanggan. Sementara itu, bagi pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) kurang lebih sebanyak 495 ribu pelanggan.

Pos terkait