Mengasah Kemampuan Berfikir Anak dengan Belajar Coding

  • Iwan
  • Apr 05, 2022

Bekerja.id – Perkembangan teknologi digital di era industri 4.0 terjadi begitu pesat, dan telah menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia. Pesatnya perkembangan teknologi digital ini telah memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Anak-anak yang terlahir di era industri 4.0 seperti sekarang, mereka akan terbiasa bersinggungan dengan tablet, laptop, smartphone, dan berbagai perangkat lunak lainnya yang digunakan orang di sekitar mereka. Dengan berjalannya waktu, mereka pun akhirnya akan menjadi pengguna dari teknologi digital tersebut.

Hal inilah yang membuat mereka harus belajar dan mampu untuk beradaptasi dengan teknologi. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh anak untuk belajar beradaptasi dengan teknologi baru bagi si kecil adalah dengan mengajarkan ilmu coding.

Apa itu coding?

Coding merupakan nyawa dari sebuah software atau aplikasi dan proses untuk memberikan perintah pada sistem komputasi, baik itu berupa aplikasi, website, maupun smartphone. Para pakar teknologi berpendapat bahwa, coding merupakan ilmu yang perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini. Sebab, belajar coding untuk anak sejak usia dini memiliki banyak manfaat.

Berikut kami tuliskan terkait manfaat dari belajar coding untuk anak usia dini!

Manfaat Belajar Coding untuk Anak Usia Dini

Belajar coding sejak usia dini, memberikan banyak manfaat bagi perkembangan si kecil. Mulai dari mengasah kemampuan berfikir, melatih mental, dan psikis anak. Berikut kami sampaikan beberapa manfaat dari belajar coding untuk anak:

1. Mengasah Kemampuan Berfikir Anak dengan Belajar Coding

Di antara manfaat dari belajar coding untuk anak adalah dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan berfikir anak. Bagi seorang anak yang mempelajari coding sejak kecil, sang anak akan memiliki kreativitas lebih tinggi dari teman lawan mainnya. Sebab, dengan belajar coding anak akan menjadi cepat tanggap dan terbiasa dalam memecahkan masalah karena terbiasa mencari solusi saat belajar coding.

Mengasah kemampuan berfikir anak dengan belajar coding di era sekarang merupakan hal yang lumrah, dan telah dipraktikan oleh mayoritas orang tua. Mulai dari memberikan kursus secara online maupun secara offline, agar anak belajar coding sejak usia dini.

2. Melatih Kegigihan Anak dalam Berusaha

Sama halnya ketika belajar di sekolah, pada tahap awal coding yang disusun oleh anak tidaklah selalu mulus atau sempurna. Diperlukan adanya berbagai proses untuk membenahi dan mengoreksi susunan coding tersebut akan menjadi lebih sempurna.

Melalui proses penyusunan inilah anak akan belajar dan berusaha untuk memecahkan permasalahan apa yang terjadi pada programnya dan menemukan cara untuk memperbaikinya. Pada proses ini, sang anak akan diuji keseriusan dan kegigihannya dan menyelesaikan problem yang dihadapi.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Selain dapat mengasah kemampuan berfikir anak dengan belajar coding, manfaat lain yang akan dirasakan oleh anak adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Dengan belajar coding, anak tentu akan menghasilkan sebuah karya dari belajar coding dan dari situlah anak akan lebih percaya diri dan menjadi nilai tambah jika sang anak bisa menunjukkan karyanya kepada keluarga, kerabat, atau teman terdekatnya.

4. Melatih Fokus, dan Konsentrasi pada Anak

Manfaat lain dari belajar koding adalah untuk melatih focus dan konsentrasi anak. Sama halnya dengan membuat karya lainnya, saat sang anak belajar coding, mereka akan menemui berbagai kerumitan dan masalah.

Dengan kerumitan dan berbagai masalah yang ditemui oleh anak dalam belajar coding, sang anak harus belajar untuk menguraikan kerumitan tersebut dan menyelesaikan masalah yang ada. Proses ini tentu melatih tingkan kefokusan dan konsentrasi anak dalam menyelesaikan masalah.

5. Memiliki Kesempatan Luas di Masa Depan

Dengan belajar coding sedari dini, anak akan memiliki kemampuan coding di atas rata-rata dari teman sebayanya. Kemampuan coding memberikan nilai tersendiri bagi anak. Hal ini juga menjadi nilai tambah yang akan membantu anak mendapatkan kesempatan lebih luas dalam meniti karirnya.

Sebab, kesempatan berkarir di bidang teknologi termasuk pemrograman, web development, dan semisalnya akan terbuka lebar di masa yang akan datang.

Itulah beberapa manfaat dari belajar coding bagi anak sejak usia dini. Selain dapat mengasah kemampuan berfikir anak dengan belajar coding juga dapat melatih kegigihan anak dalam berusaha, meningkatkan rasa percaya diri anak, melatih fokus, dan konsentrasi pada anak, serta memiliki kesempatan luas di masa depan.