Mengenal GeNose : Alat Pendeteksi Covid-19 Yang Sudah Mengantongi Izin Kemenkes

  • Whatsapp

Bekerja.id, – Semenjak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, banyak lembaga penelitian berlomba-lomba untuk turut serta menciptakan inovasi yang dapat membantu penanganan wabah tersebut, salah satunya Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM menciptakan suatu alat yang dapat membantu mendeteksi virus Covid-19 bernama GeNose.

Melansir dari laman UGM, GeNose telah mendapatkan izin edar dari Kemenkes pada Kamis (24/12). Menurut Prof. Kuwat Triyana, Ketua Tim pengembang GeNose, setelah mendapatkan izin edar GeNose produksi masal batch 1 akan segera di distribusikan dengan didanai oleh BIN dan Kemenristek/BRIN. Harapannya, pendistribusian ini dapat bermanfaat untuk pencegahan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia. GeNose dapat efektif digunakan di tempat-tempat ramai seperti bandara dan stasiun kereta karena dapat mendeteksi adanya virus dengan cepat.

Bacaan Lainnya

Bagaimana cara kerja GeNose?

Melansir dari Harian Kompas, tidak seperti alat pendeteksi covid-19 lainnya, GeNose bekerja dengan input berupa embusan napas pengguna. Alat ini dapat mendeteksi ada atau tidaknya virus covid-19 kurang dari 2 menit.

Prof. Kuwat menyebutkan, virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menghasilkan volatile organic compounds atau senyawa organik mudah menguap yang khas. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan embusan nafas orang yang sehat dan orang yang terinfeksi virus covid-19.

GeNose, alat pendeteksi covid-19 kerjasama UGM, BIN, TNI-AD, dan pihak swasta. (DOK. KEMENRISTEK)
GeNose, alat pendeteksi covid-19 kerjasama UGM, BIN, TNI-AD, dan pihak swasta. (DOK. KEMENRISTEK)

Pengguna cukup menghembuskan napas melalui kantong khusus yang disambungkan dengan GeNose. Kemudian, data yang diperoleh akan diidentifikasi melalui sensor-sensor yang datanya diolah menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). GeNose akan mendeteksi ada tidaknya kandungan volatile organic compounds (VOC) pada tiap-tiap penggunanya. Kecerdasan buatan GeNose diklaim dapat melakukan pendeteksian virus hanya dalam 80 detik.

GeNose merupakan alat yang cukup akurat dengan tingkat akurasi 97 persen, aman, dan scalable. Alat buatan UGM ini dapat digunakan dengan harga yang cukup murah yaitu hanya Rp 15.000 – Rp 25.000 saja. Alat GeNose diperkirakan akan dijual dengan harga sekitar 40 juta rupiah.

Pos terkait