Mengenal Teh Bunga Telang, Teh Sehat Berwarna Biru

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021

Bekerja.id,- Bunga Telang atau Clitoria ternatea merupakan tanaman merambat yang biasa tumbuh di pekarangan atau pinggir hutan. Namun, tanaman dari ordo Tabales ini juga banyak ditanam sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna cantik. Bunga Telang memiliki tiga macam warna, yaitu putih, biru, dan ungu.

Dilansir Little Flowe Hut (23/01) Tanamn ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara dan banyak ditemukan di Vietnam dan Thailand. Selain itu tanaman butterfly pea ini juga dapat ditemukan di Amerika Utara, India, dan Cina.

Sejak zaman dahulu, tanaman ini sudah digunakan sebagai pewarna dan sebagai ramuan herbal karena terkenal akan khasiatnya.

Pada dewasa ini, bunga telang masih sering digunakan sebagai teh dan pewarna makanan. Seperti di Malaysia, bunga telang menjadi bahan utama dari nasi kerabu.

Di Indonesia sendiri, akhir-akhir ini, bunga telang semakin ramai digunakan sebagai teh. Teh bunga telang berwarna biru dan apabila di berikan perisa lemon atau jeruk nipis akan berubah warna menjadi ungu yang cantik. Teh ini juga tidak mengandung kafein sehingga aman bagi Anda yang memiliki masalah lambung.

MANFAAT

Selain karena warnanya yang unik dan cantik, teh bunga telang sendiri memiliki beberapa khasiat yang luar biasa, diantaranya:

  1. Sebagai Anti-Aging

Bunga telang memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengurangi kerutan dan mencegah kulit menjadi terlihat lebih tua. Bunga ini juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama kulit yang berjerawat karena breakout, kulit beruam, dan alergi.

  1. Mengurangi Stress

Karena berwarna biru, bunga telang memiliki antosianin yang mampu meredakan stress, kecemasan, dan rasa sakit. Jadi jika kalian mempunyai tingkat stress dan kecemasan yang tinggi, meminum teh bunga telang bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi stress dan menjadi lebih relax. Rasanya yang earthy juga mampu menaikkan mood kalian lho!

  1. Mengurangi Berat Badan

Untuk para sahabat bekerja yang memiliki struggle dengan berat badan, teh bunga telang dapat menjadi salah satu pilihan sebagai minuman diet. Antioksidan yang tinggi dalam bunga telang dapat digunakan sebagai pembantu detox dalam tubuh dan menangkal radikal bebas.

  1. Mengatur Gula Darah

Bunga telang juga mampu mengatur gula darah dalam tubuh, namun, belum banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bunga telang sebagai salah satu obat diabetes.

  1. Untuk Kesehatan Rambut

Antosianin dalam bunga telang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Antosianin adalah senyawa yang dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan karenanya menjaga kesehatan kulit kepala. Ini juga membantu memperkuat folikel rambut dari dalam.

CARA MEMBUAT TEH BUNGA TELANG

Jika kalian memiliki tanaman bunga telang, kalian dapat memetiknya dan mencucinya dengan air bersih terlebih dahulu. Kemudian, jemur hingga kering. Bunga telang yang sudah kering tersebut sudah siap diseduh dengan air panas. Anda dapat menambahkan gula atau madu jika ingin terasa manis atau sedikit perasan lemon/jeruk nipis agar menambahkan sedikit lebih segar. Anda juga dapat menambahkan es batu jika ingin.

Apabila Anda tidak memiliki tanaman bunga telang, sekarang sudah banyak orang menjual bunga telang kering di e-commerce. Dengan range harga Rp.5000 – Rp.30.000

Sejauh ini, belum ada efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi bunga telang. Namun, untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi bunga telang.

Stay healthy sahabat Bekerja!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *