Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

  • Iwan
  • Apr 21, 2022

Bekerja.id – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Kehadirannya senantiasa ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim sedunia, termasuk di Indonesia. Penantian bulan Ramadhan tidak hanya untuk mereka yang hendak memperbanyak ibadah, tetapi juga untuk mereka yang ingin meningkatkan penjualan bisnisnya.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana perilaku konsumen biasanya menjadi lebih konsumtif dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Perubahan perilaku ini seiring dengan banyaknya kebutuhan menjelang lebaran. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh adanya penghasilan tambahan bagi orang tertentu karena turunnya THR atau Tunjangan Hari Raya.

Hal inilah yang kemudian mendorong mereka untuk membelanjakan uang THR secara masih sebagai wujud rasa bahagia yang dirasakan.

Pada kondisi seperti inilah perlu sekiranya pelaku bisnis untuk membaca peluang yang ada. Bagi seseorang yang pandai melihat peluang, tentu mereka akan berusaha agar dapat meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan dibanding bulan yang lainnya.

Untuk dapat meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan, Anda sebagai pelaku bisnis perlu melakukan beberapa strategi khusus agar dapat meraih keuntungan semaksimal mungkin di bulan Ramadhan.

Berikut ini kami uraikan beberapa tips meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan, agar bisnis yang Anda jalani mendapatkan keuntungan yang berlimbah penuh keberkahan di bulan Ramadhan. Simak tulisan di bawah ini dengan seksama!

Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis di Bulan Ramadhan

Bagi seorang pelaku bisnis, kehadiran bulan Ramadhan di samping untuk meningkatakan ibadah danmeraih derajat takwa di sisi Allah, juga dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnisnya. Sehinggat tidak heran apabila para pelaku bisnis tersebut melakukan beberapa strategi agar dapat meraih targetnya tersebut.

Berikut ini beberapa tips dan strategi yang perlu kiranya dilakukan oleh seorang pelaku bisnis agar dapat meningkatkan penjualan bisnisnya di bulan Ramadhan:

1. Menjadikan Niat Bisnis sebagai Sarana Ibadah kepada Allah

Tips pertama agar dapat meraih penjualan yang maksimal di bulan Ramadhan adalah dengan meluruskan niat. Luruskan niat bisnis Anda, semata hanya untuk meraih ridha dari Allah. Sebab, meniatkan bisnis sekedar untuk meraih kepentingan dunia saja adalah hal yang sia-sia.

Maka, luruskan niat bisnis Anda, jadikan bisnis yang Anda jalani sebagai sarana untuk ibadah dan mendapat ridha dari Allah. Dengan demikian, bisnis yang Anda jalani akan mendapat keberkahan di dunia maupun di akhirat.

2. Amati Perilaku Konsumen

Tips kedua, agar dapat meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan adalah dengan mengamati perilaku konsumen terhadap pasar. Pada bulan Ramadhan konsumen biasanya lebih konsumtif terutama ketika mendekatai pertengahan maupun akhir bulan Ramadhan.

Situasi seperti ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku bisnis. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memahami kebutuhan pasar, dan mampu menyediakan barang yang dibutuhkan dengan kualitas terbaik dan dengan layanan yang terbaik pula.

Memahami perilaku konsumen secara baik, tentu akan membantu proses penjualan produk secara maksimal. Sehingga akan banyak keuntungan yang didapatkan dari hasil penjualan tersebut.

3. Beri Diskon Menarik Kepada Konsumen

Tips ketiga yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan adlaah dengan memberikan diskon atau promo menarik kepada konsumen.

Memberikan diskon atau promo menarik menjadi daya pikat tersendiri bagi konsumen.  Anda dapat merancang program promo yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan budget yang dimiliki oleh perusahaan bisnis Anda.

Misalnya, Anda memberikan diskon atau potongan harga pada produk-produk tertentu. Atau memberikan hadiah dengan buy 1 get 1, cashback atau kombinasi-kombinasi promo lain yang dapat menarik minat belanja konsumen. Diskon-diskon menarik yang diberikan tersebut merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling jitu untuk meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan.

4. Meningkatkan Intensitas Promosi Bisnis

Setelah merancang program diskon dan promo menarik selama Ramadhan dan lebaran, tips keempat untuk meningkatkan penjualan bisnis produk di bulan Ramadhan adalah dengan meningkatkan intensitas promosi bisnis Anda. Percuma memberikan diskon dan promo menarik apabila hal tersebut kurang diketahui oleh calon konsumen.

Untuk meningkatkan promosi produk bisnis yang Anda jual, Anda dapat memanfaatkan media sosial. Mulai dari facebook, instagram, twitter, tiktok, youtube, dan sejenisnya untuk memasarkan produk maupun menyebarkan program promo.

Di era transformasi digital ini, media sosial mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat dalam hal mempengaruhi konsumen. Media sosial menjadi salah satu wadah atau sarana promosi online yang sangat dinikmati dan sangat membanru pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan.

Lakukan promosi secara masif dengan membagikan gambar dan caption yang menarik, sehingga program promo dan diskon yang Anda berikan banyak diketahui oleh masyarakat luas.

5. Menggunakan Jasa Influencer untuk Promosi

Tips kelima yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan jasa influencer untuk membantu mempromosikan produk atau program promo yang Anda berikan.

Influencer memiliki pengaruh yang besar bagi para pengikutnya, sehingga apabila influencer tersebut memberikan rekomendasi produk Anda pada pengikutnya. Maka secara otomatis pengikutnya akan penasaran dengan produk Anda dan mulai mencoba untuk menggunakan produk bisnis yang Anda tawarkan.

6. Menjadi Mitra E-Commerce atau Marketplace

Tips keenam untuk meningkatkan penjualan bisnis di bulan Ramadhan adalah dengan mendaftarkan diri menjadi mitra e-commerce atau marketplace. Hal ini merupakan keharusan yang perlu Anda lakukan, sebab tren belanja telah berubah. Dewasa ini, masyarakat lebih suka berbelanja secara online atau daring karena lebih mudah dan lebih aman.

7. Terus Melakukan Inovasi

Tips terakhir yang perlu Anda lakukan untuk dapat meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan adalah dengan terus melakukan inovasi produk. Ciptakan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dan memberikan manfaat lebih dibandingkan produk yang lain. Dengan demikian produk tersebut akan banyak dicari, dan banyak dibeli oleh masyarakat.

Demikianlah tujuh tips yang dapat Anda jalankan agar dapat meningkatkan penualan bisnis di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.