Pengertian Data Menurut Para Ahli

  • Iwan
  • Jul 15, 2022

Bekerja.id – Dalam menjalani setiap aktivitas kehidupan, manusia tidak dapat dipisahkan dari suatu hal yang disebut dengan data. Sebab, dari data tersebut seorang manusia bisa mengetahui berbagai informasi terkait apa yang diinginkan dan dibutuhkan untuk menunjang setiap aktivitas kehidupannya.

Data merupakan suatu dokumen yang berisi tentang berbagai informasi dan keterangan. Dewasa ini, data banyak digunakan oleh sebagian orang sebagai acuan untuk membuat perencanaan maupun mengambil untuk sebuah keputusan.

Untuk lebih memahami tentang apa itu data, simak tulisan di bawah ini untuk mengeetahui pengertian data, beserta manfaat dan fungsinya.

Beberapa Pengertian Data Menurut Para Ahli

Secara bahasa, data merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Romawi yaitu datum, yang artinya adalah sesuatu yang diberikan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah sebuah fakta atau keterangan yang benar dan nyata yang dijadikan sebagai dasar kajian analisis ataupun simpulan.

Adapun pengertian data menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Data Menurut Nuzulla Agustina

Pengertian data menurut Nuzulla Agustina adalah sebuah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

2. Pengertian Data Menurut Ari Kunto

Ari Kunto menyebutkan bahwa pengertian data adalah segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi, sedangkan informasi adalah hasil dari pengolahan data yang dipakai untuk keperluan tertentu.

3. Pengertian Data Menurut Slamet Riyadi

Menurut Slamet Riyadi, pengertian data adalah sekumpulan informasi yang diperoleh dari hasil suatu pengamatan di mana data dapat berupa suatu bilangan angka maupun lambang-lambang.

4. Pengertian Data Menurut Anhar

Menurut Anhar, pengertian data adalah sebuah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan meruoakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

5. Pengertian Data Menurut Lia Kuswayatno

Menurut Lia Kuswayatno, pengertian data adalah kumpulan kejadian atau peristiwa yang terjadi di dunia nyata yang berupa angka-angka huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari semuanya.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa data adalah sekumpulan informasi atau keterangan atau fakta yang tersusun berdasarkan kalimat, kata-kata, maupun simbol dan angka-angka. Untuk memperoleh suatu data, seseorang dapat melakukan berbagai proses pencarian dan pengamatan yang tepat berdasarkan sumber-sumber tertentu terkait dengan data yang ingin kita peroleh.

Manfaat dan Fungsi Data dalam Aktivitas Kehidupan Manusia

Setelah mengetahui tentang definisi dan pengertian data menurut para ahli, tentu kita juga harus mengetahui tentang apa manfaat dan fungsi dari kumpulan data yang telah kita dapatkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi dari data.

1. Sebagai Acuan

Di antara manfaat dan fungsi dari data, salah satunya adalah sebagai acuan. Data biasannya digunakan sebagai acuan atau tolak ukur sebelum seseorang merencanakan suatu proyek.

2. Dasar Perencanaan

Manfaat dan fungsi dari data yang lainnya adalah sebagai dasar perencanaan. Dalam membuat suatu perencanaan kerja maupun proyek, tentu memerlukan parameter yang kuat. Maka, data tersebutlah yang kemudian dijadikan sebagai parameter dalam membuat sebuah perencanaan.

3. Sebagai Dasar Keputusan

Data juga sering digunakan sebagai dasar untuk membuat sebuah keputusan. Dengan menggunakan data yang akurat, seseorang tentu dapat menentukan sebuah keputusan yang terbaik terhadap suatu permasalahan yang terjadi.

4. Bahan Evaluasi

Selain digunakan sebagai acuan, dasar perencanaan dan dasar untuk mengambil sebuah keputusan, data juga dapat bermanfaat sebagai bahan untuk melakukan evaluasi baik dalam memecahkan masalah maupun untuk meningkatkan kualitas.

Jenis-jenis Data Ditinjau dari Berbagai Sisi

Secara umum, jenis-jenis data dapat dibedakan menjadi tiga. Yaitu data berdasarkan sifatnya, data berasarkan sumbernya dan data berdasarkan waktu pengumpulannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis data yang perlu kalian ketahui:

1. Data Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Data Kualitatif – adalah data yang tidak berbentuk angka atau bilangan. Data kualitatif biasanya berberntu pernyataan verbal, simbol atau gambar. Contoh: Jenis Kelamin, Status Perkawinan, Warna, Asal, Dll.
  • Data Kuantitatif – adalah suatu data yang berbentuk bilangan. Data kuantitatif juga dapat disebut sebagai data kualitatis yang diangkakan. Contoh: Umur, Nilai Hasil Belajar, Temperatur, Jumlah, Tinggi, Berat, Dll.

2. Data Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Data Primer – adalah data yang didapat atau diperoleh dari orang yang melalukan penelitian atau yang bersangkutan yang memerlukannya. Data primer dapat disebut juga sebagai data asli atau data baru.
  • Data Sekunder – adalah suatu data yang diperoleh atau didapatkan dari sumber-sumber yang telah ada. Data sekunder biasanya diperoleh dari perpustakaan atau lapora-laporan maupun dokumen peneliti yang terdahulu. Data sekunder juga sering disebut sebagai data yang telah tersedia.

3. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Berdasarkan waktu pengumpulannya, data dapat dibagi menjadu dua yaitu data yang berkala dan data coss section. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Data Berkala (Time Series) – adalah data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau fenomenta tertentu.
  • Data Cross Section – adalah data yang terkumpul pada suatu waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan keadaan atau kegiatan pada waktu itu.

Demikianlah beberapa uraian singkat yang dapat kami sampaikan terkait dengan data, mulai dari pengertian data, definisi dan pengertian data menurut para ahli hingga manfaat dan fungsi data, serta beberapa jenis data.