Pengertian Teks Berita, Karakteristik dan Unsurnya

  • Iwan
  • Apr 15, 2022

Bekerja.id – Teks berita adalah tulisan yang berisi tentang laporan atau informasi kejadian yang bersifat faktual dan aktual. Teks berita biasanya berisi tentang informasi-informasi penting yang layak dan perlu sekiranya diketahui oleh masyarakat umum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Jadi dapat disimpulkan pula bahwa teks berita merupakan teks yang di dalamnya berisi informasi-informasi yang baru saja terjadi atau sedang terjadi.

Selain definisi di atas, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya terkait apa yang dimaksud dengan teks berita. Berikut ini beberapa pendapat ahli terkait pengertian dan definisi dari teks berita:

1. Micthel V. Charnley

Menurut Micthel V. Charnley, teks berita adalah teks yang berisi laporan tercepat dari suatu kejadian atau peristiwa yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka.

Charnley mengemukakan bahwa berita yang lebih lengkap layak dijadikan acuan untuk keperluan-keperluan yang praktis.

2. Willard Bleyer

Menurut Willard Bleyer, teks berita adaah teks yang berisi informasi-informasi terkini dan terupdate, yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat di dalam surat kabar. Sehingga teks berita tersebut menarik minat bagi pembaca.

3. William S

Sedangkan William S mengemukakan bahwa berita adalah suatu bentuk penuturan informasi atau kejadian secara benar dan tidak memihak dari fakta. Berita harus mempunyai arti penting dan suatu peristiwa yang baru terjadi, sehingga dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat informasi tersebut.

Berita merupakan salah satu cara untuk menyampaikan informasi, baik itu melalui teks, audio, maupun visual. Di dalam berita tentu mengandung teks yang berisi informasi kejadian dari berbagai belahan dunia yang berupa fakta.

Karakteristik Teks Berita

Suatu naskah dapat dikatakan sebagai teks berita apabila memenuhi beberapa karakteristik teks berita sebagai berikut:

1. Aktual atau Cepat

Karakteristik pertama dari teks berita adalah ketepatan waktu atau aktual. Dimana di dalam teks berita tersebut berisi suatu tulisan yang memberi pemahaman dan informasi kepada pembaca yang sebelumnya tidak ia ketahui.

2. Faktual atau Nyata

Karakteristik kedua dari teks berita adalah faktual atau nyata sesuai dengan fakta. Artinya di dalam teks berita informasi yang disampaikan adalah kejadian atau peristiwa yang nyata. Bukan karangan atau fiksi.

Dalam dunia jurnalistik, fakta berita terdiri dari beberapa unsur seperti kejadian nyata (real event), pendapat (opinion), dan pernyataan (statement) sumber berita. Sehingga tulisan yang dimuat atau informasi yang terkandung di dalamnya harus merupakan informasi tentang sesuatu keadaan sebenarnya sebagaimana adanya.

3. Penting dan Menyangkut Kepentingan Orang Banyak

Karakteristik ketiga dari teks berita adalah informasi yang disajikan merupakan informasi penting dan menyangkut kepentingan banyak orang. Misalnya peristiwa atau teks berita yang disampaikan akan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat secara luas, atau dinilai perlu untuk diketahui dan diinformasikan kepada orang banyak.

Informasi ini meliputi kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah, informasi mengenai adanya kenaikan harga bahan pokok, dan sejenisnya.

4. Menarik

Karakteristik teks berita yang terakhir adalah menarik. Artinya teks berita yang disampaikan dapat mengundang orang untuk membaca berita yang telah ditulis. Berita yang biasanya menarik perhatian orang adalah berita yang bersifat menghibur atau jenaka, mengandung keanehan atau keganjilan, dan menyentuh serta menggugah perasaan pembaca.

Itulah empat karakteristik dari suatu teks yang disebut dengan teks berita.

Unsur-unsur Teks Berita

Selain memiliki karakter khusus, teks berita juga harus memiliki unsur-unsur berita yang dikenal dengan istilah 5W dan 1H, yang meliputi:

  • What – Apa yang terjadi?
  • Where – Dimana kejadian itu terjadi?
  • When – Kapan peristiwa itu terjadi?
  • Who – Siapa yang terlibat dalam kejadian itu?
  • Why – Kenapa peristiwa itu dapat terjadi?
  • How – Bagaimana peristiwa itu dapat terjadi?

Demikianlah unsur-unsur berita yang harus ada di dalam teks berita. Keenam unsur tersebut sekaligus menutup tulisan tentang pengertian teks berita, karakteristik, dan unsur-unsurnya pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian.