Rekomendasi Bisnis Franchise Murah yang Menguntungkan

  • 2 min read
  • Okt 08, 2021

Bekerja.id – Memulai bisnis franchise adalah pilihan yang tepat untuk mulai usaha. Bisnis yang sudah dikenal sebelumnya, Anda tak perlu repot-repot memulai usaha dari awal yang bisa membuat biaya marketing yang besar untuk menginformasikan brand supaya orang mau membeli produk dengan brand tersebut. Sekarang Anda tinggal pilih bisnis franchise mana yang cocok untuk Anda.

Memulai bisnis franchise tidak mahal kok, Anda bisa memulai bisnis franchise dengan skala UMKM yang bisa Anda beli dan mulai dikembangkan sekarang. Berikut ini beberapa rekomendasi bisnis francise murah disini.

Tips Bisnis Franchise

Sebelum Anda memulai bisnis franchise yang akan Anda jalankan, alangkah baiknya cari tau tips bisnis franchise sebelum Anda mulai, untuk mengambil langkah besar kedepannya.

1. Sesuaikan dengan modal

Harga franchise murah atau mahal tergantung modal yang Anda miliki. Namun Anda perlu memperhitungkannya sebelum menjalankan bisnis franchise. Selain membayar franchise fee, Anda juga perlu mempersiapkan dana renovasi serta operasional setidaknya 6 bulan kedepan.

Persiapan dana tersebut digunakan untuk mempertahankam bisnis supaya lebih stabil ketika memulai bisnis franchise. Tak hanya itu saja, menyediakan dana darurat juga penting misalnya saja untuk mengatasi pengeluaran besar secara mendadak.

2. Sesuai dengan minat

Pilihlah usaha franchise sesuai dengan passion, sehingga Anda perlu menghindari membeli franchise yang belum Anda pahami atau bahkan tidak suka sama sekali, misalanya Anda tidak suka minum kopi, tetapi Anda membeli franchise starbucks.

Mungkin pendapatan yang Anda peroleh beberapa tahun kedepan akan meningkat, akan tetapi Anda bisa saja sulit dan tidak punya semangat untuk menjalankan bisnis francise.

3. Cari lokasi strategis

Lokasi juga menentukan kondisi bisnis kedepan. Tidak hanya itu saja lokasi harus disesuaikan dengan banyaknya orang yang melakukan aktivitas di sektitar tempat tersebut. Anda juga harus menyesuaikan produk yang nantinya akan ditawarkan ke customer.

4. Pelajari perjanjian dengan seksama

Bisnis franchise akan membutuhkan bisnis yang tidak sedikit. Anda pun bisa saja gagal menjalankan bisnis franchise. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus mengetahui dan paham dengan semua isi kontrak yang ada pada perjanjian franchisor. Tidak ada salahnya Anda melakukan perbandingan antra bisnis satu dengan bisnis lainnya, dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam memperhitungkan bisnis yang akan Anda jalankan.