Strategi Marketing Untuk UMKM Agar Mudah Dikenal Masyarakat

  • 2 min read
  • Aug 02, 2021

Bekerja.id – Walau kelihatan mudah saat menjalankan bisnis UMKM, namun kenyataannya banyak orang-orang yang memulai usaha pada akhirnya berhenti di tengah. Sejauh ini mungkin Anda ketahui bahwa bisnis UMKM mudah dan bisa meraih keuntungan yang banyak. Tetapi kenyataannya itu semua bisa ditemui bila Anda memulai bisnis.

Saat Anda ingin memulai usaha banyak hal-hal yang perlu Anda cermati, jangan sampai saat sudah memiliki modal dan memulainya akan tetapi Anda tidak mengenali strategi pemasaran UMKM bagaimana dan pada akhirannya usaha yang anda mulai berakhir tutup.

Tetapi ketika telah mengetahui bagaimana strategi yang akan Anda kerjakan, ini memungkinkan usaha yang anda bangun akan semakin berkembang. Dan anda tidak perlu kebingungan untuk tentukan strategi, karena artikel ini akan memberikan informasi strategi yang Anda perlukan untuk bisnis UMKM Anda. Berikut strategi yang wajib Anda pahami:

1. Lakukan Survei Lokasi Pemasaran yang Sesuai

Saat sebelum Anda ingin membangun bisnis UMKM, anda harus sudah survei lokasi pemasaran. Apakah lokasi yang akan jadi bisnis UMKM sama dengan usaha kalian, seperti tingkat keramaian masyarakat di wilayah lokasi, prediksi minat customer lewat produk jualan Anda, dan aksesbilitas yang mudah untuk customer atau supplier.

Namun Anda bisa juga lakukan dengan spontan dengan manfaatkan tempat yang anda miliki seperti rumah atau tempat tinggal. Selanjutnya mungkin Anda bisa lakukan survei untuk meningkatkan usaha Anda sebagai strategi UMKM Anda yang baru berkembang, bisa beralih lokasi menjadikan cabang usaha UMKM Anda.

2. Pastikan Produk yang Diminati Konsumen

Pilih produk yang banyak diminati masyarakat dan tidak bersifat hanya sementara, kebanyakan pebisnis yang akan buka usahanya karena ada sesuatu hal yang viral, cara ini dapat anda ambil untuk memulai usaha tetapi perlu diingat Anda harus terus kembangakan supaya produk jualan Anda tidak bersifat sementara, Anda harus membuat produk yang berkualitas.

3. Pastikan Harga yang Sesuai dan Masuk Akal

Sesudah Anda berhasil memastikan produk apa yang akan dipasarkan, selanjutnya adalah untuk tentukan harga penjualan. Anda bisa tentukan harga jual yang diharap customer dengan analisa harga produk Anda dengan toko lain. Jika harga di toko lain kisaran Rp 30.000 – 40.000 anda bisa ambil kisaran tengah untuk harga jual.

Cara lainnya adalah Anda bisa mempertimbangkan harga jual dengan menghitung biaya produksi ditambah 30% keuntungan, seperti biaya produksi kamu Rp 15000, pengepakan Rp 3000 jadi keseluruhan total biaya produk kamu Rp 18.000, bila kamu mengharapkan untung 30% kamu bisa jual Rp 23.500.

4. Ikut Berbagai Acara Pameran dan Festival

Untuk eksistensi, Anda harus sering mengikuti acara pameran atau festival. Dengan cara ini produk Anda bisa terkenal oleh masyarakat, adapun manfaat lainnya Anda bisa mengenali pesaing, supplier dan konsumen setia secara langsung.

Strategi yang lain Anda harus bisa mencocokan produk yang anda jual sebaiknya sama dengan topik acara pameran atau festival yang berlangsung.

5. Bangun Relasi Antar Pengusaha atau Wirausahawan

Jangan sampai menutup diri dalam menjalankan bisnis, bangunlah relasi dengan entrepreneur dan pengusaha lain karena kesempatan yang anda kerjakan akan terbuka lebar. Karena dengan cara ini Anda bisa memperoleh informasi bagaimana cara menjalankan bisnis, point lainnya Anda akan memperoleh supplier terpercaya dan pelanggan setia.

6. Ikuti Perkembangan Teknologi dalam Bisnis

Seperti perkembangan teknologi sekarang, tentu saja kalian tidak mau ketinggal zaman. Kalian bisa manfaatkan teknologi yang berkembang mulai dari membuat website, marketplace dan media sosial yang lain.

Kecepatan teknologi sekarang ini harus juga diseimbangi dengan tata urus keuangan, laporan pemasaran, laporan penghasilan dan pengeluaran. Untuk lakukan hal tersebut semua kalian tak perlu ribet untuk mengurusi itu semua dengan catatan manual dan penghitungan manual.

Kemajuan teknologi sekarang ini tentu mendatangkan teknologi software yang memudahkan Anda untuk membuat laporan penjualan, mendata penghasilan dan pengeluaran Anda. Anda juga tidak usah cemas akan kehilangan data penjualan selama menjalankan bisnis, karena software ini akan menyimpan semua data yang anda masukan.