Syarat dan Cara Klaim Asuransi Kesehatan

  • 2 min read
  • May 16, 2021

Rickwiese.com – Banyak nasabah yang masih bingung bagaimana cara untuk klaim asuransi kesehatan yang benar. Seringkali, mereka merasa kecewa ketika mengalami kendala saat mengajukan klaim asuransi kesehatan.

Apabila Anda berencana untuk memiliki atau membeli asuransi kesehatan, alangkah baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu tentang syarat dan cara klaim asuransi kesehatan.

Banyak yang mengalami kegagalan untuk mengklaim asuransi, sebenarnya bukanlah tidak bisa, namun karena tidak membaca ketentuan dalam polis asuransi kesehatan dengan cermat.

Pada dasarnya terdapat dua metode klaim yang ditetapkan oleh asuransi kesehatan yaitu metode cashlesss dan reimbursement.

Apa saja perbedaan dari metode klaim tersebut dan bagaimana cara untuk klaim masing-masing metode tersebut? Beikut ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Prosedur Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Terdapat dua jenis metode klaim asuransi kesehatan yang berbeda. Kebanyakan perusahaan asuransi besar seperti Manulife, AXA Mandiri, hingga Allianz menawarkan kedua metode ini.

Berikut prosedur masing-masing metode:

1. Metode Cashless

Sebelum ke tahap prosedur, alangkah baiknya kita memahami seperti apa cara kerja metode cashless. Melalui metode klaim cashless, peserta asuransi tidak perlu mengeluarkan uang untuk menebus obat.

Pasalnya pihak rumah sakit dan pihak asuransi sudah bekerjasama untuk melayani pasien anggota asuransi.

Ketika peserta asuransi melakukan pembayaran, maka peserta asuransi hanya menggesek kartu asuransi yang dimiliki ke mesin EDC di rumah sakit. Pembayaran ini bisa diselesaikan secara cashless, tanpa adanya pembayaran tunai.

Untuk mengajukan klaim melalui metode ini, caranya:

  1. Datang ke rumah sakit rekan asuransi dengan membawa kartu identitas seperti KTP dan kartu asuransi,
  2. Tunjukkan kartu asuransi ke meja administrasi,
  3. Isi formulir yang diminta,
  4. Pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi data Anda,
  5. Jika sudah disetujui, Anda bisa melakukan perawatan di rumah sakit,
  6. Apabila terdapat kelebihan tagihan dari limit asuransi, maka Anda perlu membayar kelebihan biaya tersebut (ekses).

Perlu dipahami bahwa Anda harus datang ke rumah sakit rekanan asuransi untuk mengajukan klaim cashless. Selain itu, pastikan Anda memilih asuransi yang bekerjasama dengan rumah sakit dekat tempat tinggal Anda.

2. Metode Reimbursement

Metode reimbursement mengharuskan nasabah melakukan pembayaran biaya rumah sakit terlebih dahulu. Setelah itu, pihak asuransi akan menggantinya dengan uang tunai yang ditransfer ke rekening Anda.

Berikut adalah prosedur klaim reimbursement:

  1. Laporkan klaim ke perusahaan asuransi melalui telepon,
  2. Datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis,
  3. Bayar biaya perawatan medis sendiri,
  4. Ajukan klaim ke asuransi dengan cara melengkapi dokumen persyaratan seperti kartu identitas, kartu asuransi, surat keterangan dokter, bukti transaksi di rumah sakit, resep dokter, hasil laboratorium, dan dokumen pendukung lainnya.
  5. Apabila kalim diterima oleh asuransi, maka sejumlah uang pengganti akan dikirimkan ke rekening nasabah.

Limit Asuransi Kesehatan

Bagaimana dengan asuransi kesehatan dalam menentukan limit atau batasan manfaat yang diklaim peserta?

Hal ini penting dipahami karena seringkali terjadi masalah ketika peserta menggunakan asuransinya. Klaim akan dipengaruhi jenis limit yang digunakan oleh pihak asuransi kesehatan dalam ketentuan polis.