Tempat Menarik Untuk Melihat Sunset di Jogja

  • Fairusi Dika Pratiwi
  • Feb 01, 2021

Selain berhati nyaman, Yogyakarta terkenal dengan keindahan bentang alam dan warisan budayanya. Mulai dari gagahnya gunung merapi hingga jajaran pantai terbentang megah di Yogyakarta. Peninggalan-peninggalan sejarah seperti candi juga menghiasi seisi kota. Tak salah bila banyak turis senang berwisata di Yogyakarta.

Salah satu penawaran menarik yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Yogyakarta adalah bersantai di sore hari sembari menikmati matahari terbenam. Sunset bisa menjadi pilihan menarik untuk kamu yang butuh refreshing dan juga suka fotografi.

Keindahan Sunset di Pantai Parangtritis. (Ibnu Al Rasyid via unsplash)

Dimana saja tempat-tempat indah yang bisa kamu datangi untuk melihat sunset di Jogja?

1. Candi Ijo

Candi Ijo terletak diatas sebuah bukit yang bernama bukit hijau atau gumuk ijo. Candi yang menjadi tempat favorit untuk berburu sunset ini merupakan candi tertinggi di antara candi-candi yang ada di Yogyakarta. Selain sejarah budayanya, letak yang tinggi menjadikan Candi Ijo terkenal sebagai tempat strategis untuk menikmati tenggelamnya matahari. Disini kamu bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta sambil duduk-duduk disekitar pelataran candi. Tidak hanya pemandangan kota, karena lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Adisucipto, kamu juga bisa menikmati pemandangan pesawat yang melakukan take-off dan landing di landasan pacunya. Menarik bukan?

2. Pantai Parangtritis

Pantai ini sudah cukup terkenal dan menjadi primadona wisata di Yogyakarta. Lokasinya mudah dijangkau, hanya membutuhkan sekitar 45 menit dari tugu Jogja. Selain itu, banyak tersebar obyek-obyek wisata lain yang bisa sekaligus dinikmati para wisatawan jika berkunjung ke pantai Parangtritis. Tempat ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk melihat sunset karena dapat menyajikan gambaran indah perpaduan dari sunset, pantulan air pantai, dan kuda-kuda (dokar) yang banyak berada di lokasi pantai.

3. Bukit Paralayang

Tak jauh dari pantai Parangtritis, kamu bisa menaiki jalanan bukit dan menemukan spot menarik di atas bukit Pralayang. Tempat ini cocok digunakan untuk bersantai dan melepas penat. Kamu bisa melihat pesisir laut selatan yang perlahan-lahan menelan matahari. Sungguh indah bukan?

4. Tebing Breksi

Masih searah dengan perjalan ke Candi Ijo, kamu bisa menemukan sebuah spot menarik yang dinamakan Tebing Breksi. Walaupun sama-sama menawarkan temapt menarik untuk melihat matahari terbenam, tempat ini menawarkan objek yang berbeda. Pemandangan dinding tebing yang menawan merupakan hasil dari proses vulkanisme Gunung Api Purba di masa lampau. Saat ini, dinding-dinding tersebut bahkan sudah dipahat menjadi ukiran yang sangat futuristik. Kamu bisa mendapatkan dua objek sekaligus di tempat ini yaitu sunset dan tebing yang sangat indah. Setelah puas menikmati sunset, di malah hari dinding-dinding tebing breksi telah dilengkapi lampu-lampu yang menyala sehingga akan menghasilkan pemandangan yang menakjubkan!

5. Candi Ratu Boko

Pemandangan candi selalu menjadi pasangan yang baik untuk panorama sunset. Candi yang satu ini merupakan kompleks candi yang sangat luas. Kamu bisa menghabiskan waktu untuk berkeliling melihat bangunan-bangunan bersejarah sebelum istirahat dan menikmati matahari terbenam. Spot paling menarik disini adalah bangunan candi yang berbentuk seperti pindu gerbang. Saat matahari mulai terbenam, akan terlihat siluet indah dari bangunan tersebut dilengkapi dengan sisa-sisa sinar matahari yang menyusuk melalui celah-celah bangunan candi. Jangan sampai terlewatkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.