Transformasi Digital Bagi UMKM

  • Iwan
  • Mar 04, 2022

Bekerja.id – Transformasi digital merupakan suatu proses yang memanfaatkan teknologi digital seperti teknologi virtualisasi, mobile computing, cloud computing, integrasi semua sistem yang ada di organisasi dan lain sebagainya. Transformasi digital juga dikatakan sebagai dampak yang diperoleh atas digunakannya kombinasi inovasi digital yang dihasilkan.

Sehingga menimbulkan perubahan terhadap struktur, nilai, proses, posisi ataupun ekosistem di dalam organisasi maupun lingkungan luar organisasi.

Transformasi digital adalah proses evolusi yang bertumpu pada kemampuan yang dimiliki dan teknologi digital untuk menciptakan atau mengubah bisnis, proses operasional dan pengalaman pelanggan, sehingga menimbulkan nilai baru bagi brand bisnis. Pengalaman baru tersebut berupa nilai-nilai baru yang didapatkan oleh konsumsen seperti kemudahan melakukan transaksi, berbelanja, berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Transformasi digital bagi UMKM merupakan proses mendefinisikan ulang strategi bisnis dengan mengadopsi teknologi digital. Sehingga bisnis jadi terdorong dengan sejumlah rencana strategi dan perubahan terbaru.

Tantangan Transformasi Digital Bagi UMKM

Transformasi digital bagi UMKM memiliki tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Perubahan dunia digital yang begitu cepat dari sebelumnya, memaksa pelaku bisnis untuk melakukan gerak dan adaptasi yang lebih cepat. Dengan demikian bisnis yang dijalankan tidak tertinggal, dan dapat eksis serta bertahan lebih lama.

Berikut ini beberapa tantangan dari proses transformasi digital bagi UMKM:

1. Terbatasnya Pengetahuan Teknologi Pelaku Bisnis

Tantangan pertama yang sering menjadi penghambat para pelaku UMKM adalah terbatasnya kemampuan dan pengetahuan mereka dalam memanfaatkan teknologi serta platform digital.

Rendahnya pengetahuan ini perlu didorong dengan usaha untuk terus belajar tentang penggunaan secara bertahap. Proses belajar ini dapat dilakukan dengan mulai bergabung dengan komunitas-komunitas UMKM, mencari mentor atau tutor, dan mengikuti kelas digital secara online maupun tatap muka.

2. Menentukan Platform Digital

Proses transformasi digital juga sering kali membuat pelaku bisnis mengalami kebingungan terharap penentuan platform mana yang harus mereka gunakan dan manfaatkan untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Penentuan platform ini sejatinya sangat mudah dilakukan apabila kita telah terlebih dahulu menentukan target konsumennya. Hal ini kerap disebut dengan proses mencari persona atau profiling persona yang tepat, untuk disasar.

3. Strategi Pemasaran Digital

Strategi pemasaran digital atau digital marketing juga menjadi tantangan tersendiri yang harud dihadapi oleh pelaku usaha dalam perjalanan transformasi digital. Minimnya pengetahuan akan teknologi, menjadi penyebab pelaku bisnis mengalami kesulitan dalam menentukan strategi pemasaran digital yang akan ditempuhnya.

Dampak Transformasi Digital Bagi UMKM

Selain menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis, nyatanya transformasi digital juga memiliki dampak positif bagi pelaku UMKM, serta ekosistem digital. Transformasi digital menawarkan UMKM kepada peluang baru bagi ekonomi Indonesia, baik itu langsung maupun tidak langsung.

Berikut ini beberapa dampak dari transformasi digital bagi UMKM:

1. Pendapatan Meningkat

Hal terpenting dari sebuah bisnis adalah pendapatan. Semakin tinggi pendapatan, semakin tinggi dan cepat pula pertumbuhan suatu bisnis. Transformasi digital telah memberi dampak yang cukup signifikan dalam meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM.

2. Jangkauan yang lebih Luas

Transformasi digital bagi UMKM memungkinkan pelaku usaha untuk menjangkau konsumen dengan jangakauan yang lebih luas. Jangkauan konsumen yang luas, menjadi penyebab terbukanya peluang terjualnya produk atau jasa yang ditawarkan oleh pelaku usaha.

3. Peningkatan Efisiensi Operasional

Transformasi digital memungkinkan pelaku UMKM untuk mengurangi pengeluaran produksi secara keseluruhan. Karena telah berhasil mengoptimalkan biaya operasional dan pemasaran.

Alat dan teknik produksi cerdas berbagai teknologi digital menunjukkan kemampuannya untuk meningkankan efisiensi operasional UMKM. Sejumlah alat produksi yang digunaakan dalam praktik UMKM seperti teknologi informasi, perencanaan produksi terintegrai digital, sistem control toko, sistem rantai pasokan, dan sistem pemasaran.

Itulah tiga dampak positif dari adanya transformasi digital bagi UMKM.

Tujuan Transformasi Digital Bagi UMKM

Tujuan utama dari proses transformasi digital oleh suatu organisasi adalah berelasi dengan kesiapan digital dari organisasi tersebut. Artinya, organisasi yang ingin memastikan bahwa dirinya siap memasuki dunia digital dan siap untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu.

Beberapa tujuan dari adanya tranformasi digital adalah:

  • Mengasilkan inovasi produk yang lebih baik.
  • Mengeksplorasi dan mengembangkan model bisnis baru yang bersifat disruptif.
  • Menghasilkan banyak keuntungan.
  • Meningkatkan saluran distribusi ataupun bisnis yang dimiliki menjadi lebih digital.
  • Mendekatkan diri ke konsumen melalui saluran digital sehingga dapat memahami keinginan konsumen.
  • Meningkatkan kepuasan konsumen dan memicu konsumen untuk Kembali menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.